Monday, July 7, 2014

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN HUBUNGAN PANJANG DAN BERAT


LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN
HUBUNGAN PANJANG DAN BERAT
1.        PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Menurut Wahyuningsih dan Barus (2006), Panjang tubuh sangat berhubungan dengan berat tubuh. Hubungan panjang dan berat seperti hukum kubik yaitu bahwa  berat sebagai pangkat tiga dari panjangnya. Namu hubungan yang terdapat pada ikan tidak demikian, karena bentuk dan panjang ikan berbeda-beda.
Dalam analisis hubungan panjang dan berat pada ikan dapat dilakukan dengan menggunakan suatu teknik yaitu teknik hubungan eksponensial dan hubungan linear (Pauly,1993 dalam Wahyudi, 2001).

Periode pertumbuhan memanjang maksimum terjadi sebelum ikan dewasa kelamin, setelah mencapai dewasa sebagian besar makanan yang diperoleh tidak hanya digunakan untuk pertumbuhan memanjang saja tetapi juga untuk proses kematangan gonad dan ditimbun dalam bentuk lemak sebagai cadangan dimusim dingin serta untuk perawatan tubuh (Dani dan Sujiati, 1985).

1.2       Maksud dan Tujuan
                        Maksud praktikum Biologi Perikanan tentang Hubungan Panjang dan Berat adalah untuk mengetahui hubungan panjang dan berat dan agar mampu menentukan pertumbuhan ikan dalam populasi alami.

                        Tujuan praktikum Biologi Perikanan tentang Hubungan Panjang dan Berat adalah agar praktikan mampu mendemonstrasikan teknik-teknik pengukuran untuk menentukan pertumbuhan ikan.

1.3       Waktu dan Tempat
                        Praktikum Biologi Perikanan materi Hubungan Panjang dan Berat dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2013, pada pukul 07.00-12.00 WIB untuk kelompok 1-kelompok 9 dan 13.00-17.00 WIB untuk kelompok 11-20 yang bertempat di Laboratorium Reproduksi Ikan, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan serta Laboratorium Parasit dan Penyakit Ikan, Gedung D lantai 1, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang.

No comments:

Post a Comment