Monday, July 7, 2014

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN FOOD AND FEEDING HABITS


LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN
FOOD AND FEEDING HABITS
1.        PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Di alam terdapat berbagai jenis makanan yang tersedia bagi ikan dan ikan telah menyesuaikan diri dengan tipe makanan khusus dan telah dikelompokkan secara luas sesuai dengan cara makannya, walaupun dengan macam-macam ukuran dan umur ikan itu sendiri (Nikolsky, 1963 dalam Irawati, 2011).

Berdasarkan sifat makanannya, ikan dewasa dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu ikan herbivora dan pemakan detritus, ikan carnivora yang hidup dari invertebrata, dan ikan predator yang hidup dari ikan (Dani dan Sutjiati, 1985).

Jenis ikan dapat digolongkan menjadi 7 kelompok menurut jenis makanannya, meskipun begitu jenis pola makanan berubah sesuai dengan perubahan umur, musim, dan ketersediaan makanan. Penggolongan jenis makanan dibedakan menjadi herbivora yang makanan utama berasal dari bahan-bahan nabati, karnivora yang sumber makanan yang berasal dari bahan-bahan hewani, omnivora yang sumber makanan berasal dari nabati dan hewani, pemakan plankton yang sepanjang hidupnya memakan plankton, pemakan detritus yang sumber makanan berasal dari sisa-sisa bahan organik yang membusuk diperairan (Wahyuningsih dan Barus, 2006).

1.2         Maksud dan Tujuan
Maksud dari praktikum Biologi Perikanan materi Food and Feeding Habits adalah untuk mengetahui kebiasaan makan dan variasi makanan ikan yang dapat dilihat dari hubungan ekologi antar organisme perairan. Mengetahui isi dari alat pencernaan makanannya. Serta mengetahui jenis ikan berdasarkan kebiasaan makan dan variasi makanan.

Tujuan dari praktikum Biologi Perikanan mengenai Food and Feeding Habits adalah agar praktikan mampu mempraktikan cara pengambilan dan perhitungan plankton yang ada didalam lambung ikan, serta mampu membedakan jenis ikan berdasarkan makanan yang dimakan.  Readmore .................

No comments:

Post a Comment