Monday, July 7, 2014

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN FEKUNDITAS


LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN
FEKUNDITAS
1. PENDAHULUAN

1.1.1        Latar Belakang
            Menurut Nikolsky (1963) dalam Effendi (2002) dalam Triana (2011), menyatakan bahwa fekunditas pada ikan tergantung dengan kondisi lingungannya. Jika ikan hidup di habitat yang banyak ancaman predator maka jumlah telur yang dihasilkan akan besar atau fekunditas semakin tinggi, sedangkan ikan yang hidup di habitat dengan sedikit predator akan memiliki jumlah telur yang lebih sedikit.

            Menurut Murtejo (2008), fekunditas merupakan jumlah telur yang dihasilkan dalam satu siklus reproduksi. Tingkat fekunditas dapat menggambarkan kualitas dari induk betina. Dalam penelitian ini menunjukkan tingkat fekunditas induk yang diberi perlakuan lebih tinggi dibandingkan kontrol egg stimulant.

            Menurut Nikolsky (1963) dalam Mahendratama (2011), ikan-ikan yang tua dan besar ukurannya mempunyai fekunditas individu, serta fekunditas akan menjadi maksimum pada golongan ikan yang masih muda.
1.2       Maksud dan Tujuan
Maksud dari praktium Biologi Perikanan tentang Fekunditas adalah mengetahui jumlah produksi telur pada ikan sampel. 

Tujuan dari raktikum Fekunditas adalah mampu mendemonstrasikan secara makroskopis organ-organ baik secara eksternal maupun secara internal. Mampu mendapatkan telur ikan, serta mengetahui cara mengitung telur.

1.3       Waktu dan Tempat
            Praktikum Biologi Perikanan materi Fekunditas dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 23 november 2013, pukul 07.00-13.00 WIB, bertempat di Laboratorium Parasit dan Penyakit Ikan, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang. Readmore ......................

No comments:

Post a Comment