Monday, July 7, 2014

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN AWAL DAUR HIDUP


LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PERIKANAN
AWAL DAUR HIDUP
1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pemijahan ikan merupakan salah satu aktivitas pembenihan ikan untuk menghasilkan individu baru. Pemijahan pada ikan dapat berlangsung secara alami, semi alami, maupun buatan. Pemijahan alami pada ikan berlangsung secara alami tergantung pada keberadaan stimulus lingkungan yang dapat merangsang ikan untuk berkembang biak. Pemijahan semi alami pada ikan terjadi setelah adanya campur tangan manusia dalam mempercepat kematangan gonad. Sedangkan pemijahan buatan pada ikan hampir sama dengan pemijahan semi alami, namun dalam proses pemijahan diatur dan dilakukan oleh manusia (Hakim, 2010).

Menurut Sumantadinata (1983) dalam Nurimanto (2006), pembuahan adalah penggabungan antara inti sel telur dengan inti sperma sehingga membentuk zigot. Setelah pembuahan, embriogenesisakan berlangsung terus setiap waktu dan terjadi caluage, morulasi, lastulasi, gastrulasi, dan oogenesis yang diakhiri dengan penetasan.

Menurut Saputra, et al. (2012), ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) merupakan salah satu komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di Indonesia terutama di Riau. Dalam pembudidayaan ikan lele terdapat permasalahan terutama rendahnya derajat penetasan telur ikan yang berkisar 30-60%. Hal ini disebabkan karena telur ikan lele bersifat adhesive sehingga menumpuk di salah satu area pemijahan.

1.2 Maksud dan Tujuan
Maksud dari praktikum Biologi Perikanan meteri Awal Daur Hidup adalah agar praktikan dapat mengetahui cara pemijahan secara buatan dan mengetahui perkembangan embrio ikan secara mikroskopis.

Tujuan dari praktikum Biologi Perikanan meteri Awal Daur Hidup adalah mempraktikan cara pemijahan secara buatan pada ikan serta mengidentifikasi gambaran secara morfologi pada perkembangan embrio ikan secara mikroskopis. Readmore ........................

No comments:

Post a Comment