Tuesday, May 6, 2014

SEBAIK-BAIK TEMAN DUDUK ADALAH BUKU



SEBAIK-BAIK TEMAN DUDUK ADALAH BUKU
)*Ali Ahsan


Berikut saya akan menuliskan beberapa pengalaman sederhana yang mungkin bermanfaat bagi kita semua, saya harap kekurangan kita selama ini dapat kita tutupi dengan apa yang saya maksud pada tulisan sederhana berikut. Go Ahead.



Diantara sebab kebahagiaan adalah meluangkan waktu untuk mengkaji, menyempatkan diri untuk membaca, dan mengembangkan kekuatan otak dengan ilmu-ilmu.

Al-Jahizh menasehatkan untuk senantiasa membaca dan mengkaji agar anda bisa mengusir kesedihan. Katanya, “Buku adalah teman duduk yang tidak akan memujimu dengan berlebihan, sahabat yang tidak akan menipumu, dan teman yang tidak membuatmu bosan. Dia adalah tetangga yang tidak akan menyakitimu. Dia adalah teman yang tidak akan memaksamu mengeluarkan apa yang anda miliki. Dia tidak akan memperlakukanmu dengan tipu daya, tidak akan menipumu dengan kemunafikan, dan tidak akan membuat kebohongan”.

Buku adalah sesuatu yang jika anda pandang maka akan memberikan kenikmatan yang panjang, dia akan menajamkan kemampuan intelektual, membuat lidah tidak kelu, dan membuat ujung jemari semakin indah. Dia akan memperkaya ungkapan-ungkapan anda, akan menenangkan jiwa, dan akan mengisi dada. Buku akan memberikan ‘penghormatan orang-orang awam dan persahabatan dengan raja-raja’, kepada anda. Denganya anda akan mengetahui sesuatu dalam satu bulan. Satu hal yang tidak anda dapatkan dari mulut orang dalam satu masa. Denganya, anda juga dapat menghindarkan hutang dan kesusahan mencari rezeki. Dengan buku, anda tidak harus bersusah-susah menghadap seorang pengajar yang mencari makan dari honor mengajar, tidak harus belajar dari orang yang secara akhlak rendah dari anda, dan tidak harus duduk bersama orang-orang yang hatinya penuh kedengkian dan orang-orang kaya.

Buku adalah sesuatu yang senantiasa taat baik di siang hari maupun di malam hari. Dia akan ikut saja baik dalam perjalanan maupun ketika berada di rumah. Dia tidak pernah mengantuk, dan tidak akan kena kelelahan malam. Dia adalah guru yang jika anda membutuhkanya, maka ia tidak akan merasa malu. Dan jika anda meninggalkanya untuk ganti materi, maka dia tidak akan memutuskan faedahnya. Walaupun anda meninggalkanya, dia akan selalu taat. Walaupun ada angin yang menyerang anda, maka dia tidak akan berpaling. Kesendirian anda tidak akan berbahaya selama anda selalu bersamanya, dan tidak memaksa anda untuk duduk bersama orang-orang yang jelek perasaanya. Meskipun tidak ada keutamaan yang dapat anda ambil, namun ia sudah menghalangi anda untuk duduk di depan rumah. Sebab hal tersebut; melanggar hak-hak orang lain, menzalimi diri kita dengan cara melihat orang lain secara berlebihan, ada keterlibatan diri kita dalam sesuatu yang tidak berguna, ada pembauran dengan orang-orang yang tidak berguna, ada kesempatan untuk mendengarkan langsung ucapan-ucapan mereka yang kotor, yang tidak bernilai, yang rendah budinya dan tidak cerdas.

Kita sadar bahwa buku adalah pilihan terbaik bagi orang-orang yang kosong untuk menghabisakan waktu siangnya, dan bagi mereka yang suka bersenang-senang untuk menghabisakan malam-malam mereka. Buku adalah sesuatu yang tanpa mereka sadari; memberikan dorongan untuk mencoba, menggunakan nalarnya, membentuk kepribadianya, menjaga kehormatan mereka, meluruskan agama mereka, dan mengembangkan harta mereka.

Sekian beberapa pendapat dari saya semoga bermanfaat, jangan lupa untuk mempraktekanya agar pemahaman yang sudah ada makin lama makin padat dan bulat, agar tercapailah suatu gambaran diri yang konsisten.

Jika ada yang kurang tepat mari kita diskusikan, bukan hanya mencari kesalahan hanya untuk eksistensi diri semata. Salam hangat dari saya, Budayakan Membaca dan Menulis.

#Go AHead Indonesia
#Cintai Indonesia Dengan Kreatif
#Yang Penting Bagiku Adalah Dialoq
Behind The Gun: @aliahsanID

No comments:

Post a Comment