Saturday, July 12, 2014

ANALISIS PARAMETER STATISTIK BUTIRAN SEDIMEN DASAR PADA SUNGAI ALAMIAH (STUDI KASUS SUNGAI KRASAK, YOGJAKARTA)


ANALISIS PARAMETER STATISTIK BUTIRAN SEDIMEN DASAR PADA SUNGAI ALAMIAH
(STUDI KASUS SUNGAI KRASAK, YOGJAKARTA)
Sungai mempunyai alur yang tidak tetap dan ukuran butiran sedimen dasar yang bervariasi. Ukuran sedimen merupakan faktor penting dalam teknik perhitungn sedimen. Bentuk butiran sedimen sangat tidak teratur dari bulat pipih hingga tidak teratur. Karakter fisik sedimen merupakan slh satu variable yang sangat mempengaruhi perilaku aliran sedimen sehingga dapat memberi msukn terhadap pengelolaan sungai. Materi sedimen yng mempunyai fraksi kecil atau sm sering dinamakan materi uniform sedangkan materi yang tidak sama dan mempunyai persebarab luas dinamakn non uniform. Frekuensi sedimen biasanya  terdapat satu puncak kurva dan beberap puncak sampai nilai maksimum (lebih dari dua). Penyebab ketidak seragman ini dapat dikarenakan terdiri dari dua tau lebih populasi dari sampel berbeda yang terbentuk karena trnspot berbeda juga. 

Distribusi partikel dapat dihitung dengan empat cara :   
   1)    Mean ( Rata-rata) , untuk menghitung sekumpulan data dengan distribusi normal atau tidak miring
   2)    Standart Deviasi, suatu sedimen memiliki rentang atau jarak
   3)    Skewnes, dengan persamaan persamaan rnge dan ruang dari distribusi kumulatif distribusi
   4)    Kurtosis , menunjukkan kedatarn distribusi pada distribusi normal.

Berdasarkan analisi data nilai- niai parameter statistik material dasar dan klasifikasi ukuran butir .dicirikan dengan model very poorly sorted, platikurtic dan distribusi skewness negative menunjukkan persebaran melebar menunjukkan sungai dengan dasar kerikil didaerah pegunungan. Penyebaran luas ,degradsi jelek dan menunjukkan dua puncak kurva berdistribusi skewness positif. Menunjukkan sungai dengan dasar pasir keriki dengn persebarn yang melebar. Kemudian persebaran yang mempunyai kurva lebih dari dua dan pesebarannya cenderung melebr dan makin tidak seragam bergradasi dengan baik menunjukkan partikel yang berpasir.  


Sumber : Junaidi, Restu Wigati.2011. Analisis Parameter Statistik Butiran Sedimen Dasar Pada Sungai Alamiah. WAHANA teknik Sipil. Vol 16 No 2 46- 57

No comments:

Post a Comment