Monday, February 10, 2020

JURAGAN PUREL BERNASIB BAIK


JURAGAN PUREL BERNASIB BAIK


Suatu malam, tiga pencuri mencuri banyak uang dari rumah juragan Purel. Mereka menaruh uang dalam tas besar dan pergi ke dalam hutan. Di tengah hutan, tiba-tiba mereka merasa sangat lapar. Jadi, salah satu dari mereka pergi ke desa terdekat untuk membeli makanan. Dua lainnya tetap di hutan untuk menghitung uang hasil curian mereka.


Pencuri yang membeli makanan itu memiliki ide busuk. Dia makan terlebih dahulu makanannya di warung. Lalu dia membungkus dua makanan yang sudah diberi racun mematikan untuk kedua temanya yang ada di dalam hutan. Dia berpikir, "Mereka akan memakan makanan beracun ini lalu mati. Saya akan mendapatkan semua uang hasil curian untuk diri saya sendiri. "


Sementara itu, dua pencuri lain yang ada di dalamm hutan memiliki rencana untuk membunuh temanya yang membeli makanan saat kembali. Mereka berpikir kalau uang hasil curian akan di bagi berdua saja.


Saat pencuri yang membeli makanan datang, ia dipukul dan ditusuk membabi buta kedua temannya. Saat ia dipastikan mati, kedua pencuri itu memakan makanan yang dibeli oleh temannya tadi. Kemudian mereka mati karena keracunan makanan.


Ketiga pencuri itu menemui akhir hidupnya masing-masing.


Esoknya, lelaki tua yang hendak mencari rumput untuk ternaknya menemukan ada tiga mayat dan segebok uang. Dengan hati-hati, lelaki pencari rumput itu mengambil tas besar berisi uang hasil curian dan membawanya pulang. Sesampainya di ujung kampung, lelaki tua itu dituduh sebagai pencuri rumah juragan Purel yang semalam kecolongan.


Kini lelaki tua itu mendekam di penjara.

Terimakasih
Malang, 10 Februari 2020
Ali Ahsan Al Haris

No comments:

Post a Comment