Monday, February 10, 2020

TONGKAT YANG TIDAK SAKTI


TONGKAT YANG TIDAK SAKTI



Suatu hari, seorang juragan Tuak datang ke Ali. Dia berkata kepada Ali, “Di rumah, saya memiliki tujuh pembantu. Salah satu dari mereka saya yakin telah mencuri tas mutiara istri keduaku. “Hai Ali, tolong datang ke rumahku dan cari tahu siapa pencurinya”, pinta Juragan Tuak kepada Ali.


Ali lantas pergi ke rumah juragan Tuak itu. Dia memanggil tujuh pembantu itu di sebuah ruangan. Ali kemudian berkata, “Saya memiliki tujuh tongkat yang sama panjangnya. Silahkan simpan tongkat Ini, besok sore akan saya ambil lagi. Jika tongkat ini disimpan si pencuri tas milik istri juragan kalian, tongkatnya akan tumbuh satu sentimeter”.


Malamya, salah seorang pembantu yang mencuri tas itu ketakutan. Dia berpikir, “Jika saya memotong tongkat ini satu sentimeter saja, besok sore saya tidak akan ditangkap dan tetap bekerja di sini". Jadi, pembantu itu memotong tongkatnya dan membuatnya lebih pendek satu sentimeter.


Keesokan harinya Ali kembali mengumpulkan tongkat dari para pembantu itu. Dia menemukan tongkat seorang pembantu yang memiliki pendek satu sentimeter dari tongkat yang lain. Ali kemudian mengarahkan telunjuknya ke arah pembantu tersebut dan berkata, "Ini dia pencuri tas istrimu"


Pembantu yang dituduh Ali mengakui kejahatannya. Dia mengembalikan tas curiannya ke istri juragan Tuak tadi. Pembantu itu langsung dipecat.


Karena senang dan rasa terimakasih, Ali dipersilahkan mabuk Tuak sepuasnya.

Terimakasih
Malang, 10 Februari 2020
Ali Ahsan Al Haris

No comments:

Post a Comment