Sunday, April 23, 2023

Lima Tempat yang Wajib Dikunjungi di Desa Karangrandu Jepara Jawa Tengah

Cak Uplek.

Dari namanya saja, kita bisa mengaitkan bahwa dulunya desa ini terdapat banyak karang dan banyak pohon randu sehingga dinamai desa Karangrandu.

Berdasar letak geografis, desa Karangrandu berada di sebelah selatan Ibu kota Kabupaten Jepara. Desa Karangrandu merupakan salah satu desa di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, dengan jarak tempuh ke Ibu kota Kecamatan 3 KM, dan ke Ibu Kota Kabupaten 16 KM, dan dapat ditempuh dengan kendaraan ± 35 menit. Desa ini berbatasan dengan desa Kaliombo di sebelah barat, di sebelah utara berbatasan dengan desa Pecangaan Kulon, di sebelah selatan dengan desa Gerdu, dan di sebelah timur dengan desa Pecangaan Wetan. Luas wilayah daratan Desa Karangrandu adalah 72 Km². Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain.

Dilansir dari Wikipedia, wilayah Desa Karangrandu terdiri dari 32 RT, dan 5 RW, meliputi 30 RT di Karangrandu dan 2 RT di dukuh Buaran. Secara Topografi, Desa Karangrandu dapat dibagi dalam 2 wilayah, yaitu wilayah darat di bagian timur, wilayah pertanian di bagian barat dan selatan desa. Di bagian wilayah Buaran di sebelah barat desa karangrandu areal pertanian seluas 320 Ha, dan daratan seluas 55 Ha. Dengan kondisi topografi demikian, Desa Karangrandu memiliki variasi ketinggian antara 3 m sampai dengan 11 m dari permukaan laut. Daerah terendah adalah di wilayah RT 1 dan 2 RW 4 dan daerah yang tertinggi adalah di wilayah RT 1 RW 1 yang merupakan daerah perbukitan.

Meski bersifat personal, rekomendasi lima tempat yang wajib kalian datangi di Karangrandu dapat rekan-rekan jadikan pertimbangan saat berkunjung ke Jepara.

1. Balai Desa

Ingat, desa Karangrandu ini terbagi menjadi dua wilayah besar. Barat dan Timur sungai. Lokasi Balai Desa berada di Timur sungai wilayah administratif RT 2 RW 2. Jika kalian dari arah Pecangaan (Utara) maka harus belok kiri kemudian naik jembatan di depan Madrasah Aliyah Al Alawiyah. Tidak lebih dari dua puluh meter saat menuruni jembatan, persis di sebelah kanan akan kalian temukan kantor Balai Desa sebagai lokasi pertama yang wajib kalian ketahui saat berkunjung ke Desa Karangrandu.

Secara teori, Balai desa hanyalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai pusat pemerintahan di desa. Fungsinya mirip dengan kantor pemerintahan di kota, namun lebih fokus pada kegiatan pemerintahan di level desa.

Di balai desa, Kepala Desa beserta staf pemerintahan desa lainnya biasanya berkantor dan melakukan tugas-tugas pemerintahan seperti pengelolaan administrasi desa, pelaksanaan program-program pemerintah, pembangunan infrastruktur, penanganan permasalahan masyarakat, dan sebagainya.

Selain itu, balai desa juga sering digunakan sebagai tempat pertemuan warga desa untuk membahas berbagai hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat setempat.

2. Masjid Baitur Rohim & Masjid Roudlotul Mushollin

Kedua masjid ini memiliki sejarah yang sangat panjang, bukan hanya lokasinya yang mewakili timur dan barat, keduanya juga menjadi simbol dan lokasi kebudayaan Islam di desa Karangrandu.

Sebenarnya cukup disayangkan, saya tidak menemukan sumber tulisan yang cukup akurat tentang profil kedua masjid ini. Untuk membedakannya, Masjid Baitur Rohim berada di sisi barat jalan utama desa. Di belakang masjid, ada kompleks pemakaman untuk orang Islam. Lokasi Masjid Baitur Rohim juga berada satu kawasan kompleks pendidikan Islam di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Alawiyah. Sedangkan Masjid Roudlotul Musholin berada di sisi timur jalan poros desa. Jika kalian dari arah Pecangaan (Utara), rekan-rekan dapat menyeberang jembatan terlebih dahulu. Masjid Roudlotul Musholin juga memiliki lembaga pendidikan Islam. Dengan mengunjungi kedua masjid ini, rekan-rekan akan mengetahui lembaga pendidikan apa saja yang ada di desa Karangrandu.

3. PSK (Pasar Sore Karangrandu)

Pasar Sore Karangrandu atau biasa disebut PSK, merupakan salah satu sentra jajanan favorit di Bumi Kartini. Jika rekan-rekan dari arah Pecangaan (Utara), tampak jelas tulisan di Desa Kuliner di gapura desa.

Lokasi PSK di sebelah barat (kanan) jalan poros desa kilometer 3,5 Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Para pedagang di PSK mulai membuka lapak mereka sekitar pukul 12.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Beragam jajanan tradisional ada di sana, seperti klepon, ketan, getuk, gemblong, dan klenyem.

Ada pula jajanan khas jepara seperti horog-horog. Tidak hanya beragam camilan, aneka es tradisional juga tersedia, di antaranya es cendol, es gempol pleret, dan es ketan hitam. Harganya pun relatif terjangkau, mulai sekitar Rp 5.000 saja.

Saat saya masih kecil (medio 2002-2005) lokasi PSK berada di depan rumah Mbah Kyai Salam. Panjang pasar tidak lebih dari 50 meter dan pedagang yang melapak juga tidak seramai sekarang. Ya jelas lah.

Hadirnya PSK merubah wajah desa Karangrandu yang dulu dikenal kumuh, terbelakang dan ndeso menjadi desa wisata kuliner terdepan di Bumi Kartini.

4. Persawahan

Menyebut sebagai salah satu lumbung padi di Jepara, tidak afdol rasanya jika tidak mengunjungi persawahan di Karangrandu. Area persawahan berada di barat dan timur desa, rekan-rekan dapat bebas berkunjung persawahan mana yang hendak dikunjungi.

Namun, saya merekomendasikan agar rekan-rekan berkunjung ke jalan menuju dukuh Buaran. Dari arah Pecangaan (Utara) lokasinya di pertigaan tepat di sebelah barat (kanan) setelah gapura desa Karangrandu.

Waktu yang cocok berkunjung adalah sore hari menjelang tenggelamnya matahari. Jalan dengan lebar 4 meter ini membujur dari timur ke barat menuju dukuh Buaran.

Saat cuaca sedang cerah, kalian akan mendapati suasana sunset yang luar biasa. Seolah kita berada di suasana ideal sebuah desa yang tentram, hangat dan saling melindungi.

5. Tempat Pemakaman Umum

Pemakaman umum atau tempat pemakaman adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menguburkan jenazah manusia secara layak dan terhormat. Desa Karangrandu memiliki dua pemakaman umum utama. Di belakang Masjid Baitur Rohim dan di Dukuh Buaran.

Saya dengan sengaja memasukkan TPU sebagai rekomendasi lokasi yang wajib dikunjungi di desa Karangrandu karena beberapa alasan, diantaranya:

Pertama; Pemakaman umum memungkinkan jenazah dihormati dengan layak dan terhindar dari penelantaran. Hal ini sangat penting untuk menjaga martabat manusia, kehormatan keluarga, serta nilai-nilai kemanusiaan.

Kedua; Pemakaman umum juga penting untuk mencegah penyebaran penyakit. Dengan menguburkan jenazah secara benar, maka resiko penyebaran penyakit dari jenazah dapat diminimalkan.

Ketiga; Pemakaman umum juga penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan memiliki tempat yang khusus untuk menguburkan jenazah, maka lingkungan sekitar akan terhindar dari bau tidak sedap dan risiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh jenazah yang tidak diurus dengan baik.

Keempat; Pemakaman umum juga dapat memiliki nilai sejarah yang penting bagi suatu masyarakat. Makam-makam yang terdapat di pemakaman umum dapat menjadi saksi sejarah tentang kehidupan dan budaya masyarakat di masa lalu.

Saat rekan-rekan menuju pemakaman di belakang Masjid Baitur Rohim, terdapat cukup banyak makan para Habib. Sedangkan di pemakaman dukuh Buaran, ada Sunan Geseng yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai Wali.

Kelima; Dalam beberapa kasus, pemakaman umum dapat digunakan sebagai lahan hijau atau taman kota setelah jangka waktu tertentu. Hal ini dapat membantu menjaga keberlanjutan lingkungan kota, serta memberikan manfaat ekologis dan estetika bagi masyarakat setempat.

Ringkasnya, pemakaman umum memiliki peran penting dalam menghormati jenazah, mencegah penyebaran penyakit, menjaga kebersihan lingkungan, memiliki nilai sejarah, serta menjaga keberlanjutan lingkungan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengelolaan pemakaman umum dengan baik dan benar untuk memenuhi fungsi dan perannya yang penting bagi masyarakat dan lingkungan.

Alasan yang tidak kalah penting memasukkan list berwisata ke pemakaman adalah senantiasa mengingat Mati.

Di atas adalah lima rekomendasi tempat apa saja yang harus rekan-rekan kunjungi di desa Karangrandu. Jujur masih ada beberapa lokasi yang belum tertulis seperti: kompleks peternakan kerbau dan ayam di Jalirejo, Gumuk, Lapangan Bola dan Helikopter T#i.

Semoga para pembaca diberikan kelebihan rezeki dan waktu agar dapat berkunjung ke Jepara, khususnya desa Karangrandu.


Salam wisata, salam service.
Terima kasih
Karangrandu, 23 April 2023

Ali Ahsan Al Haris


No comments:

Post a Comment