Saturday, April 22, 2023

Sholat Idul Fitri di Masjid Roudlotul Mushollin Karangrandu

Jamaah kembali ke rumah masing-masing

Pagi hari yang cerah dan penuh semangat (22/4), suasana di sekitar Masjid Roudlotul Mushollin Karangrandu sudah tampak ramai dan sesak. Tidak heran, hari ini merupakan hari yang paling dinanti oleh seluruh umat Islam, khususnya warga Karangrandu, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Saya pun turut merasakan semangat itu ketika melihat jamaah yang memadati jalanan dan masjid, meskipun saya sendiri pada akhirnya memilih untuk shalat di luar masjid. Hehe


Saat tiba di Masjid Roudlotul Mushollin Karangrandu, saya melihat jamaah telah memadati seluruh ruangan di dalam masjid. Bahkan, sebagian besar jamaah harus berdiri di jalanan karena tidak cukup tempat duduk di dalam masjid. Namun, hal itu tidak mengurangi semangat para jamaah untuk melaksanakan sholat Idul Fitri.

Masjid tampak dari sisi barat

Cahaya matahari pagi yang cerah dan udara segar membuat saya dan jamaah yang berada di jalanan merasa nyaman. Shalat dimulai pada pukul 06:25 WIB dan dipimpin langsung oleh KH. Hasan Wifdi.


Setelah sholat selesai, KH. Hasan Wifdi sebagai khatib memberikan ceramah tentang faedah sholat Idul Fitri. Ringkasan dari ceramah yang beliau sampaikan bahwa sholat Idul Fitri memiliki banyak manfaat bagi setiap umat muslim, seperti memperkuat rasa keimanan, meningkatkan ketaqwaan, serta membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi seluruh umat Islam. Beliau juga menekankan mumpung masih dalam suasana Idul Fitri, hendaknya dapat dimanfaatkan oleh jamaah untuk kembali ke fitrah, menjalin silaturahmi dengan keluarga dan teman, serta memperbaiki hubungan dengan sesama.

Sholat di jalanan sisi Utara Masjid

Meskipun tidak berada di dalam masjid, saya merasakan semangat kebersamaan dan kekompakan seluruh jamaah di sana. Semoga saja diri ini terpacu untuk memperbaiki diri, memperkuat rasa keimanan, dan berusaha menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.


Dalam kesempatan ini, saya juga ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada rekan-rekan semua. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan keberkahan oleh Allah SWT dalam melaksanakan ibadah kita, serta dapat menjalani hidup dengan penuh keikhlasan dan kebaikan. Amin.

No comments:

Post a Comment