Friday, May 19, 2023

Liburan Seru dan Edukatif di Milkindo Green Farm

Lokasi berada di samping pintu masuk

Apa yang kita cari saat liburan bersama keluarga? Jika yang kita inginkan adalah tempat yang menyenangkan, menarik, dan juga bermanfaat, rekan-rekan bisa mencoba mengunjungi Milkindo Green Farm di Kepanjen, Kabupaten Malang. Tempat ini adalah wisata edukasi yang menawarkan berbagai aktivitas seru dan spot selfie yang instagramable. Rekan-rekan bisa melihat dan belajar tentang peternakan sapi perah, bermain dengan hewan-hewan lucu, menikmati wahana air, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah pengalaman saya saat liburan (18/05) ke Milkindo Green Farm bersama keluarga.


Milkindo Green Farm terletak di Jalan Kol. Kusno No. 77, Tegalsari, Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65119. Kami berangkat dari rumah dengan menggunakan sepeda motor. Berangkat dari rumah pukul 11:30 WIB, perjalanan dari rumah ke lokasi memakan waktu sekitar 35 menit dengan kondisi lalu lintas yang lancar. Kami tiba disana sekitar pukul 12:10 WIB siang. Parkiran kendaraan berada di seberang pintu utama, tarif parkir sepeda motor Rp 5.000. Selepas dari lapangan parkir, kami sempatkan untuk berfoto terlebih dahulu, istri saya kemudian ke loket Tiket masuk Milkindo Green Farm membayar Rp 15.000 per orang dan bisa ditukar dengan segelas susu sapi segar.


Sebelum masuk ke area wisata, kami harus mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan. Setelah itu, kami masuk ke area wisata yang luas dan asri. Kami disambut oleh pemandangan hijau dan sejuk. Ada banyak pohon dan tanaman yang menghiasi tempat ini.


Kami mulai berkeliling untuk melihat-lihat fasilitas dan wahana yang ada di sana. Ada lapangan sepak bola mini, taman kelinci, kandang sapi, kandang kuda, trampolin, e-bike, tangkap ikan, berkuda, main pasir, gerabah, waterpark, ATV, flying fox, memanah, kereta api, dan masih banyak lagi. Kami mencoba beberapa wahana yang menarik perhatian kami. Anak kami sangat senang bermain dengan hewan-hewan lucu terutama saat saya ajak naik ATV. Si kecil juga menunggang kuda dan naik kereta dengan membayar tiket tambahan.

Salah satu spot selfie

Sebenarnya kami ingin belajar tentang peternakan sapi perah di Milkindo Green Farm. Namun, kami tidak bisa melihat proses pemerahan susu sapi secara manual dan otomatis karena datang terlalu siang. Anak kami juga mencoba memberi makan rumput kepada sapi-sapi yang jinak dengan membayar Rp 5.000 demi seikat rumput. Hehehe


Setelah puas bermain dan belajar, kami merasa lapar dan haus. Kami menuju ke restoran di area kolam renang yang ada di sana untuk makan siang dan bermain air bersama si kecil. Restoran di Milkindo menyajikan masakan enak dengan harga bersahabat. Kami memesan Ayam Geprek, Weci dan es teh hangat manis. Dari menu yang kami pilih, selain harganya yang sangat terjangkau, rasanya boleh diadu dengan resto dan warung di luaran sana.
Dialog imajiner

Sebelum pulang, kami tidak lupa untuk berfoto-foto lagi. Hehehe. Liburan kami di Milkindo Green Farm sangat menyenangkan dan edukatif. Bagi yang mau ke sana, saya rekomendasikan banget.

Kolam renang ini satu areal dengan Resto.
Kolam renangnya ada area untuk anak-anak dan dewasa.

Bagi saya dan istri yang tumbuh dan besar di pedesaan yang banyak melihat bebek, sapi, kerbau, dan kambing berlalu lalang. Berlibur di Milkindo rasanya ya biasa saja. Tapi bagi anak kami, melihat hewan-hewan itu secara langsung menjadi pengalamannya yang luar biasa di tengah kehidupannya yang jarang sekali melihat alam liar dan hewan ternak.

No comments:

Post a Comment